Investasi Emas?

Beberapa bulan lalu saya tertegun membaca surat kabar lokal yang (entah iklan, entah apaan) menghadirkan profil acara Virgin Gold Mining Corporation di kota Padang. Acaranya sih tak penting tapi bunyi-bunyi investasinya ‘kelewat’ menggiurkan. Saya yakin bagi yang berduit pasti banyak yang menginvestasikan uang mereka di situ.

Belakangan saya dengar bisnis investasi serupa bernama ECMC (East Cape Mining Corporation) sudah terbukti bisnis tipu menipu dengan perputaran uang yang macet, dan saya membaca langsung di grup FB-nya kalau banyak yang berkeluh kesah, mencaci maki, menuntut keadlian, karena sudah tertipu habis-habisan. Rata-rata banyak yang (terutama bermental filistin) berdoa-doa, meminta laknat Tuhan, berharap hukum karma, dan sebangsanya entah agar uang kembali atau menginginkan ‘leader’ yang menipu mereka mendapat bencana. Saya cuma bisa geleng-geleng karena di mana-mana yang namanya keteledoran sendiri ya agama akan gagal menghibur. Leceh jadinya agama dijadikan excuse untuk hal-hal yang sebenarnya akibat manusia sendiri.

Tentang VGMC, saya jelas sangat terganggu dengan jor-jorannya iming-iming menggiurkan yang ditawarkan. Rasanya dari dulu sudah banyak metode-metode sejenis yang ujung-ujungnya menipu sudah terjadi sebelumnya di Indonesia (dan Malaysia, karena memang rata-rata orang serumpun yang pemalas, serakah, dan tak cerdas, gampang tertipu). Tengok saja Swisscash, speedline, dan lain-lain. Dan iklannya banyak bertaburan di segala sudut. Padahal metode VGMC ini terang-terangan merupakan permainan uang dengan skema Ponzi (silahkan cek Wikipedia apa itu skema Ponzi, dan jangan kaget kalau rada mirip-mirip dengan MLM, apalagi kalau sudah ketemu pula dengan skema piramid). Teman dekat saya pernah menjadi korban penipuan metode ini.

Pertanyaan saya soal VGMC adalah sebagai berikut:

– Di mana tambang emasnya beroperasi? Mana foto-foto operasional? Mana data-data produksinya?

– Siapa-siapa orang penting di balik manajemennya? Mana foto-foto mereka?

– Mana laporan keuangan tahunannya?

– Mana perusahaan-perusahaan lain yang bekerjasama dengannya?

– Kenapa mengambil dana dari masyarakat kalau meminjam dari Bank lebih aman?

– Kenapa di Panama dan Dubai? Takut pajak? Kalau di Indonesia yang berinvestasi tetap kena pajak dong?

– Kenapa tidak terdaftar di Bapepam?

– Kenapa tidak terdaftar di berbagai bursa saham manapun? 2015? Kenapa tidak dari dulu?

– Keuntungan tetap apanya bukan RIBA itu?

– Kalau VGMC perusahaan ternama, kok tidak ada profilnya minimal di Wikipedia?

Setelah bolak-balik buka-buka situs tentang VGMC, scam, moneygame, ECMC, tidak ada satupun jawaban yang memuaskan saya soal ini. Silahkan buka referensi-referensi saya di bawah untuk lebih detil. Yang jelas saya benar-benar mendapat pelajaran berharga dan sedikit banyak belajar ilmu ekonomi dan investasi karena hal ini. Saya merasa bertanggung jawab perlu berbagi informasi ini.

Kenapa saya menganggap VGMC itu penipuan sebenarnya sederhana saja. Kalau saya mau investasi emas, maka saya menginginkan emasnya langsung, bukan ‘pernyatan’ saya punya emas. Saya akan beli ke toko emas langsung, kalau perlu bongkahan-bongkahan emas besar itu yang saya beli kalau saya punya uang banyak (baca: modal). Saya pusing membuka situs VGMC yang kontradiktif antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggrisnya.

Bahasa Inggrisnya:

There is no reason to regret the fact that Virgin Gold has yet to own a gold mine outright, even after a decade in this business

Versi Bahasa Indonesianya:

Tidak ada alasan untuk menyesali fakta bahwa Virgin Gold  perlu memiliki tambang emas sendiri, bahkan setelah satu dekade berkecimpung dalam bisnis ini

Kok jauh ya artinya? Tidak percaya silahkan buka:

http://www.vgmc.com/operations_gold_mining.aspx

dan baca dulu versi bahasa Inggris-nya lalu pilih opsi Bahasa Indonesia di kanan atas situsnya.

Bahkan, kalimat yang saya kutip di atas sangatlah bermasalah mengingat katanya perusahaan ini adalah perusahaan tambang sementara katanya ‘belum memiliki pertambangan sendiri’. Yang konyol, deskripsi mengenai tambang di Afrika dan Amerika Selatan-nya sangat membingungkan dan tidak jelas. Bukannya memberikan foto-foto atau video operasional tambang lengkap dengan data-data penting, tapi malah menjelaskan kesulitan yang harus ditempuh. Kalau saya jadi investor itu sudah cukup buat saya untuk tidak berinvestasi di situ. Kalaupun tulisan saya ini tidak memuaskan, silahkan merujuk ke referensi yang sudah saya tuliskan di bawah.

Apa tujuan saya menulis ini? Menjelek-jelekkan VGMC?

Tidak, tujuan saya hanya memberi peringatan bagi siapapun yang terkoneksi dengan saya. Seperti yang sering digembar-gemborkan oleh orang-orang VGMC sendiri: kalau tidak yakin tidak usah bergabung. Saya juga tidak melarang orang untuk bergabung, tapi saya hanya merasa terpanggil untuk menulis tentang ini. Bisnis seperti ini tidak pernah bertahan lebih dari lima tahun. ECMC saja yang baru satu tahun sudah kolaps sekarang. Apalagi ini berbasis penipuan yang membahayakan siapapun.

Jika ada yang menjadi anggota VGMC dan marah karena tulisan saya ini maka mereka tak pantas marah. Yang boleh marah dengan tulisan saya ini adalah perusahaan VGMC langsung dan memberikan bukti-bukti jelas untuk membantah tulisan saya dan banyak tulisan lain yang menjadi referensi saya di bawah. Saya hanya mengulang-ulang dengan bahasa saya sendiri apa yang dipermasalahkan oleh yang lainnya. Seorang pedagang dijelek-jelekkan oleh seseorang di depan pembelinya maka si pedagang lah yang harus marah, bukan pembelinya (dikutip dari 2ears2eyes).

Sebagai penutup, saya memberikan kesimpulan sederhana. Keberhasilan itu adalah hasil usaha dan kerja keras, ketekunan, dan kesabaran. Cara-cara instan selalu terbukti tidak menghasilkan. Kontes bakat instan, produk makanan instan, apalagi ingin kaya secara instan tidak pernah menghasilkan hal-hal yang baik. Sejarah sudah membuktikan.

Referensi:

http://waspada-investasi.bapepam.go.id/

http://outletdinar.com/satgas-waspada-investasi-vgmc-dan-ecmc-tidak-mempunyai-izin-usaha

http://wikusuryomurti.com/money-game-dan-skema-ponzi-berkedok-investasi/

http://2eyes2ears.blogspot.com/2012/06/virgin-gold-mines-corporation-segera.html

http://2eyes2ears.blogspot.com/2012/06/ecmc-sama-saja-segera-keluar.html

http://febiarifstory.blogspot.com/2012/06/model-bisnis-ponzi-vgmc-history-repeat.html

http://www.facebook.com/groups/395735320487686/

http://ajarilah.wordpress.com/

http://www.panamaforum.com/business-panama/39979-virgin-gold-mining-corporation-scam.html

About edriasandika

- Lecturer - Blogger - Popular Culture Fan - Figure Collector - Model Kit enthusiast

Posted on September 7, 2012, in Article and tagged , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Saya tidak pernah memerhatikan terjemahan teks Ing-Ind untuk masalah di atas, pak Saya juga baru sadar bahwa terjemahannya acakadut begitu. Begitulah kalau perusahaan yang tidak benar. Kalau ia benar, pasti ia akan menyewa penerjemah yang benar juga, tidak menerjemahkan menggunakan Google Translate.

  2. Oh begitu ya? tulisan anda bagus sekali.

  3. jangan samapai ikut investasi bodong seperti ini.. bahaya

  4. saya sejak bulan juli sdh merasakan auranya, bahwa bisnis ecmc sudah ndak beres

  5. mau nagih modal kembali harus gimana???? uplinenya saja susah untuk dihubungi

  6. Saya turut prihatin,

    Ke depanny harus ada tindakan dari pemerintah mengenai bisnis dengan skema ponzi yang sangat merugikan orang banyak ini.

  7. Fauzan Helmy Hutasuhut

    Bgmn Itu koran yg telah mengiklankan VGMC. Kalau memang benar VGMC perusahaan bodong, harusnya koran yang mempromosikannya itu di tuntut secara hukum kan? Seharusnya media massa itu menyampaikan info yg benar dan setidaknya sudah sesuai dgn aturan pemerintah. Jelas2 VGMC ilegal di wilayah negara Indonesia berani sekali media itu turut mempromosikannya. Sy yakin dedengkot2 VGMC telah membayar mahal utk hal ini.

  8. Fenomena VGMC sudah sangat parah di bumi Minangkabau. Sudah menghilangkan semangat ikhtiar dan kerja keras para penduduknya,..
    Jangan terpengaruh wahai saudaraku,.. Ini bisnis haram!!!! Memakan uang riba.

    Anggaplah saya iri, untuk menenagkan syak hati saudaraku.

    Tanyakan kembali kepada hati kecil, benarkah bisnis ini?

  9. kalau aku no comment aja,… kepada pemilik blog ini, karena kami sh merasa tidak tertipu, dan untuk usaha operasi tambang, bukan urusan anda untuk mengetahui lebih jauh, “untuk ada dimananya operasi tambang tersebut”,,,semua bisnis ada resiko,,,maka hadapi resiko itu,,,dan kami sh yakin tidak ada PENIPUAN,, karena kami yang mengetahui segalanya (SH), dan perusahaan sebentar lagi mau masuk ke bursa saham dunia,,,maka itulah rezeki/hasil para SH,,,yang telah memberikan kepercayaan kepada perusahaanya,,,, mencari hasil memang selalu ada hambatan dan rintangan, kami yakin mudah mudahan benar apa yang akan direncanakan,,,,amin,,, kita nikmati saja hai para SH…terima kasih kepada semua pemilik blog yang bermanfaat ini, untuk saling memberikan saran yang baik,,,,,

    • Kalau saya punya perusahaan tambang, maka wajiblah saya memberikan informasi sejelas2nya kepada investor2 saya tentang operasional pertambangan dimulai dari observasi lokasi, pengambilan sumber daya, hingga pengiriman dan perkapalan produknya. Saya tahu ini karena saya pernah tinggal di lingkungan pertambangan, dan saya paham bagaimana seluk beluk operasionalnya.

      Betul yang anda bilang, bisnis itu ada resiko, tetapi sebelum ada resiko tentu harus ada dulu kejelasan. Karena tanpa kejelasan (seperti pertanyaan2 saya di atas) tersebut artinya sama saja menyuruh “orang membeli kucing dalam karung”.

      Entahlah bagaimana anda mempercayai perusahaan yang bukan menjual saham kepemilikan perusahaannya, tetapi malah menjual saham produk. Di mata saya sekarang keuangan VGMC sudah macet dan mengakali semua SH-nya dengan mengulur2 dan merubah orientasi dan akan masuk bursa saham dunia.

      Bahkan saya sendiri geli dengan penawaran platinum yang baru2 ini keluar. Namanya “VIrgin Gold” tetapi sekarang jualan platinum.

      Saya tidak menyalahkan anda dan para SH lainnya, karena yang saya pertanyakan saat ini bukanlah anda para SH, tetapi VGMC-nya. Yang berhak marah dan menjawab isi blog saya adalah pihak VGMC itu sendiri.

      Atau mungkin anda belum membaca postingan saya lainnya:
      https://edriasandika.wordpress.com/2012/10/06/vgmc-itu-penipuan/

      Di situ saya lebih keras lagi menulisnya.

      Mudah2an bisnis yang bapak jalani itu bukan penipuan dan kami2 yang memperingatkan ini salah besar karena berprasangka demikian….

  10. Pak Andri, saya tanya ke anda, apa yang anda maksud dengan anda, para SH, tahu segalanya? Saya tanya deh, apakah anda tahu di mana tambang VGMC itu? Tahukah anda? Mengapa lebih sering jawabannya: rahasia, takut dengan pesaing, takut dicuri, dll? Anda pernah lihat toko emas ndak di Bandung? Rahasiakah toko emas itu? Tidak! Tidakkah mereka takut dicuri? Jelas takut. Tapi mengapa mereka tidak sembunyi2 berjualan spt VGMC sembunyi2 menambang emas?

    Seberapa yakin anda bahwa persh yg anda yakini itu akan masuk ke bursa saham? Langkah-langkah apa yang sedang dan telah diambil untuk terdaftar di bursa saham? Bursa saham yang mana? GXG? Tahukah anda apa beda bursa spt GXG dengan bursa spt BEI atau NYSE?

    VGMC-shm emas menyulap diri menjadi PCEF. Tahukah juga anda bahwa PCEF jelas2 bukan lagi persh tambang? Lalu bagaimana dengan usaha tambang emasnya setelah bergabung ke persh yang bukan penambang emas? Tidakkah anda lihat pola yang sama ketika saham2 di ECMC dipindahkan ke Lead All Investment yang mana Lead All Investment dan PCEF itu sama-sama reksadana?

    Anda mau berpikir positif terhadap aksi-aksi aneh VGMC, tapi mengapa anda tidak mau berpikir positif terhadap orang-orang spt pemilik blog ini dan terus saja nunut patuh pd VGMC?

  1. Pingback: VGMC-AGMAC, Penipuan Tak Berkesudahan | Edria's Realm

Leave a Reply

