VGMC Itu Penipuan!

Sejak tanggal 1 Oktober kemarin, begini respon saya soal VGMC:

Sekarang VGMC saja seenaknya ingin mengalihkan ke Platinum, lho padahal tadinya emas kan? Namanya saja Virgin Gold? Tunggu dulu, pindah ke British Virgin Island? Apa2an ini? Tidak konsisten antara nama dan bisnisnya nih? Emas apa platinum? Omong kosong apaan ini?

Saya bukan anggota VGMC, saya juga bukan ahli ekonomi, ahli hukum, bukan pula ahli emas, atau ahli investasi. Tapi saya berusaha melihat ini dari kacamata humanis, dari kacamata seorang manusia biasa yang peduli dengan situasi seperti sekarang ini. Maaf jika saja tulisan seperti ini terkesan terlambat, tetapi setidaknya saya tidak sendiri. Sudah banyak tulisan2 dari mereka yang ahli berkecimpung di dunianya yang sudah mati2an menulis betapa berbahayanya program2 investasi tidak jelas seperti VGMC, ECMC, Koperasi Langit Biru, dan sebangsanya.

Virgin Gold Mining Corporation, mengaku adalah sebuah perusahaan tambang emas berbasis di Panama. Mereka menawarkan saham kepemilikan emas (bukan saham kepemilikan perusahaan seperti umumnya). Mereka menawarkan investasi kepada masyarakat umum. Terdengar ribet, tapi mudah2an tautan (link) yang saya berikan di bawah bisa membantu anda2 dalam memahami cara kerja VGMC.

Saya akan mengulang pertanyaan yang sama dengan yang saya tulis sebelumnya. Karena pertanyaan saya tersebut sangat awam tetapi krusial untuk legitimasi maupun keabsahan bisnis VGMC itu sendiri.

1. Di mana tambang emasnya?
Sampai detik ini saya tidak menemukan satu referensi pun mengenai di mana letak tambang emas milik VGMC. Betul, penjelasan di situs resminya sendiri tidak ada alamat lengkap, lokasi, peta, aktivitas, maupun koordinat letak pertambangan emas yang dimiliki perusahaan. Kalaupun katanya VGMC bekerja sama dengan perusahaan lain pun, tidak ada nama perusahaan yang bekerja sama (joint) dengan VGMC sama sekali.

2. Siapa orang penting di balik manajemennya?
Sungguh lucu buat saya dan tentunya tidak lucu buat mereka yang sudah ikut. Saya tidak menemukan satu foto ataupun profil pribadi orang2 penting di balik VGMC. Tidak ada foto dewan direksi, pimpinan, ataupun pengelola dari perusahaan ini. Berikan saya nama dan profil lengkap, minimal daftar riwayat hidup deh.

3. Kalau VGMC adalah perusahaan ternama, kenapa tidak ada di Wikipedia?
Ini mungkin kurang relevan, tetapi sumber yang bisa diedit seenak perut itu adalah Wikipedia. Perusahaan sekurang ajar Freeport saja ada profil perusahaan dan pertambangannya dengan sangat jelas. Kalau mau, kenapa tidak ada orang VGMC yang bela2in membuat artikel perusahaan mereka sendiri? Padahal Wikipedia gratis toh.

4. Mana laporan tahunannya?
Ini yang menurut saya super fatal. Laporan keuangan adalah bukti perusahaan beraktivitas setiap tahunnya. Tanpa laporan keuangan mustahil perusahaan bisa jalan. Bahkan usaha skala kecil saja tetap butuh pembukuan dan pencatatan hingga di akhir tahun bisa dilihat perkembangannya. Wah, selama ini data keuangannya berjalan bak siluman dong?

5. Bisnis VGMC adalah bisnis kepercayaan?
Waduh, ini yang saya lebih pusing lagi. Betul dalam berbisnis harus ada unsur percaya, tetapi kepercayaan di sini baru bisa diraih kalau semuanya terlihat jelas dan terang benderang kan? Saya saja baru bisa percaya bahwa perusahaan itu sehat kalau produknya disukai di pasar, manajemennya terkenal (sering masuk televisi aja deh minimal), terdaftar di bursa saham, dll. Maksud saya, ngasih deviden2 seperti itu bukan unsur kepercayaan saja. Bahkan darimana deviden itu berasal juga sama tidak terjawabnya (jawabannya sih gampang, dari perputaran uang investor yang baru masuk).

Jawab dulu empat pertanyaan saya di atas baru tanya kepercayaan saya!

6. Kenapa tidak terdaftar di Bappepam?
Kalau yang ini, sebaiknya kita tahu sama tahu saja deh.

7. VGMC itu ada atau tidak sih?
Eeeeenggg………

Oh ya, tulisan saya ini lagi2 saya tegaskan hanya pandangan umum yang awam. Kalau ada yang beranggapan saya menjelek2kan VGMC, saya sirik, iri, dan sebangsanya pada VGMC, saya menebarkan keresahan ke semua pemilik saham VGMC, saya bisa bilang, saya bertanggung jawab dengan apa yang saya tulis di sini.

Saya sampai saat ini tetap menganggap VGMC penipuan karena 4 pertanyaan awal saya di atas tidak terjawab sampai sekarang. Kalau mau skalanya diperlebar, maka hasilnya pasti lebih gila2an lagi. Pendapatan dengan keuntungan tetap tanpa perubahan ini di dalam Islam saja sudah dianggap RIBA. Tidak masuk akal perusahaan (katanya sebonafit) VGMC lebih memilih mengambil dana dari masyarakat daripada meminjam ke Bank yang resikonya jauh lebih kecil dan lebih aman.

Saya menulis ini dengan perasaan sangat prihatin. Saya berasal dari Sumatera Barat, banyak yang sudah masuk ke VGMC secara buta dan tidak menyadari bahaya2 yang akan mereka hadapi dalam penipuan skema Ponzi ini. Apabila diingatkan, jawabannya selalu sama.

“Uangnya kan uang kami sendiri, kenapa anda yang heboh?”
“Penonton boleh ribut, pemain sih jalan terus!”
“Kalau tidak yakin dan percaya, tidak usah ganggu kami!”

Yang ironis, semua yang menentang VGMC memberikan fakta2 akurat dan sangat logis. Tapi mungkin seperti yang ditulis oleh seseorang di blog “ajarilah”, mentalnya sudah penjudi jadi sulit menerima kebenaran. Padahal bisnis (baca: penipuan) ini sangat beresiko tinggi. Kabarnya banyak yang berhutang ke Bank, menggadaikan harta, demi emas2 yang sifatnya sangatlah virtual alias tidak pernah ada.

Yang paling saya marahkan, betul saya sangat marah dengan hal ini, adalah dengan membawa2 nama Tuhan, berdoa2, berubah menjadi alim secara mendadak baik ketika VGMC masih lancar maupun ketika sudah mulai macet seperti sekarang ini. Sudah banyak yang memprediksi VGMC akan kolaps. Saat2 seperti ini agama apapun tidak akan bisa menyelamatkan uang yang sudah melayang ditipu mereka yang tidak pernah jelas keberadaannya. Saya marah karena agama selalu muncul paling akhir, ketika semua sudah melayang. Bismillah dan doa tidak akan menyelamatkan kalian!

Saya wajib memberitahukan ini, saya merasa terpanggil. Tulisan saya sebelumnya masih bersifat tidak serius. Tapi kali ini dengan fakta bahwa VGMC sekarang sudah bermasalah sementara masih saja banyak yang percaya VGMC aman2 saja, dan berusaha mencari mangsa lainnya, saya perlu tegaskan.

VGMC ITU PENIPUAN, BUKAN BISNIS, BUKAN DAGANG EMAS, BUKANĀ  INVESTASI, TAPI PENIPUAN! PENIPUAN YANG NYATA DAN JELAS!

Sekali lagi, saya tidak menjelek2an VGMC karena toh VGMC sendiri sudah sangat jelek dari sananya. Tidak ada kredibilitas, kejelasan, keterbukaan, dan hanya bermodalkan kepercayaan (baca: tipu daya). Segala hal yang berkaitan dengan uang, apalagi dalam jumlahnya yang besar haruslah dituntut transparansi yang berdasar dan berkekuatan hukum.

Saya kutip status pak Rahmat Febrianto di Facebook:

“Saya kedatangan seorang pemilik restoran nasi Padang. Ia menawarkan saham ke saya. Ia membolehkan saya memilih saham-saham yang ada: rendang, ayam goreng, ayam pop, gulai tunjang, gulai babek, gulai ciput, atau teh talua. Saham manakah yang akan saya pilih?
Itulah yang unik di VGMC yang menjual saham produk bukan saham perusahaan. **Masih mau juga dibodohi**”

Dari analogi sederhana seperti itu saja sudah pasti siapapun yang berakal sehat dan mau berpikir bisa mempertanyakan logika kerja VGMC tersebut.

Sekarang saya kembalikan pada mereka2 yang terlanjur menanam uang di sana. Sebaiknya relakan saja uang tersebut melayang. Tidak usah bawa2 nama agama dan doa2, jangan harap Tuhan mau membantu sebuah kebodohan. Saya percaya mengikuti program VGMC dan sejenis adalah kebodohan karena otak tidak dipakai sebagaimana mestinya. Apalagi hasil VGMC adalah riba, jadi percuma saja. Ini adalah hasil ketamakan, kerakusan, dan kemalasan dalam berusaha.

Tautan:
http://www.kompasiana.com/rfebrianto

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/05/ada-apa-dengan-vgmc-493244.html

http://ajarilah.wordpress.com/
http://www.panamaforum.com/business-panama/39979-virgin-gold-mining-corporation-scam.html

About edriasandika

- Lecturer - Blogger - Popular Culture Fan - Figure Collector - Model Kit enthusiast

Posted on October 6, 2012, in Article and tagged , , , . Bookmark the permalink. 63 Comments.

  1. Ya, saya baru juga sadar bahwa selama ini saya tidak pernah memeriksa wikipedia. Padahal kalau mau usaha sedikit saja, di wiki pasti bisa dimasukkan. Wong artis saja sudah mulai memasukkan profilnya di wikipedia. Aneh, ya? Katanya punya uang dan bisnis yang besar.

    • Begitulah pak, awalnya saya pikir kurang relevan menanyakan profil Wikipedianya, minimal Wikipedia Indonesia saja deh.

      Tapi jelas beresiko tinggi menulis artikel di Wikipedia, karena selain “bisa diedit” siapa saja, Wikipedia juga aslinya “bisa dilihat siapa saja”, alias dengan mudah terdeteksi oleh orang2 yang berkecimpung di bidang tambang emas.

      Intinya, keterbukaan.

      Sangat sulit bicara keterbukaan atau transparansi dengan VGMC ini.

      • vgmc … jelas-jelas haram dalam hukum islam ……. tapi bagi orang yang tamak tak masalah bagi mereka … mas ed ….

  2. ini benar2 straight to their head pak…salut…otak mereka sdh mulai spt frankenstein….bebal….

    • Terima kasih bu, tapi itulah sulitnya. Kebebalan ini seperti dipelihara. Ironisnya dipelihara oleh janji palsu belaka.

      Saya sulit membayangkan akan bagaimana nantinya tanggal 1 Desember nanti

  3. Tapi masih ada gala dinner nya bg ed… Itu yg ga habis pikir ama dira… Apa masih mau menghipnotis SH utk menambah jd 10 lot? So vgmc masih belum puas dgn apa yg udh didapat setahunan ini? Pasti total uang sudah sampe T.. (Dira kenal lsg 2 org yg invest 500 jt masing, apalagi ribuan SH lain). Dan bbrapa hr yg lalu, team leader vgmc mulai galau, tapi dia seolah2 santai krn sudah balik modal.. Dan dia menawarkan produk baru, RCGX (or whatever lah yg ky gtu)… So, masih jg ada yg percaya?

    • Pembuktian sesungguhnya bisa dilihat pada tanggal 1 Desember nanti Dira.

      Gala dinner tanggal 9 nanti sedikit banyak gunanya agar bisa mendapatkan investor (baca korban). Tentunya agar piramida bisnis ini bisa sedikit bernafas dan belum akan benar2 runtuh. Namun berhubung VGMC sudah mulai kasak kusuk sejak 1 Oktober kemarin, sedikit banyak acara ini bisa menjadi sorotan tajam dari mereka yang bukan anggota VGMC dan menyoroti secara tajam fenomena penipuan ini.

      Tujuan bang Ed nulis ini juga untuk menghindari adanya SH baru pada acara tersebut, minimal perjuangan kecil ini yang bisa bang Ed lakukan. Soalnya ada orang yang bang Ed kenal sudah terjerumus ke VGMC ini. Sementara semua orang2 yang terlibat sudah mulai panik, galau, dan emosi karena ketidak jelasan dan pemaksaan penawaran CPS dari Gold menjadi Platinum (yang tentunya tidak masuk akal, mengingat VGMC harusnya bergerak di bidang tambang emas sesuai namanya bukan menjual saham platinum, apalagi saham emas).

      Buat mereka yang sudah BEP (break event point), ya jelas saja mereka tenang2 saja, karena mereka sudah nothing to lose. Tapi yang baru2 masuk itu lho, apalagi yang pasang lot berpuluh2, mengetahui uangnya bakalan lenyap tak bersisa dimakan upliner dan ambassador2 gajebo itu.

      Ya, sekarang tentu mereka yang “berpengalaman” dalam urusan scam, ponzi, investasi2, akan mencari metode, celah baru, untuk menipu orang lainnya karena ini seperti pola kerja mafia. Sudah ada yang mahir memainkan penipuan seperti ini dan terpelihara di Indonesia karena pemerintah baru bergerak setelah ada pengaduan bukannya bertindak duluan menghancurkan penipuan skema ponzi ini. Apa boleh buat seperti pepatah Minang: Lah abih cakak silek takana.

  4. Mantap adinda….jangan pernah menyerah dengan hujatan – hujatan pembela ketololan, akal sehat mereka sudah ditutupi oleh keserakahan & ketamakan…..

    Keep up & Keep Updating…. I don’t think they will last ’till December, in Malaysia they already banned….

  5. Makasih pak info y.di kampung saya skrg ini lg heboh maslah vgmc banyak steress mereka kebanyakan ya mengadaikan kebun sawit dan karet dengan jumlah yg besar .dulu saya pernah d hina dan di cemooh #bodoh kau mau capek2 kerja lihat kami tiap bln lancar#kata mereka mmg saya sendiri tak faham apa itu vgmc cuma perasaan gak enak ada ke jangalan di situ .saya org kampung yg tau apa apa hanya sorang petani karet
    salam
    wanto di pelalawan

    • Sama2 pak, mudah2an bisa menyadarkan mereka yang ikutan scam ini. Sebenarnya tulisan saya ini sudah tergolong telat pak, tetapi sebelumnya sudah banyak berbagai tulisan yang mengecam penipuan berbalut investasi ini.

      Tanpa bermaksud mendikotomikan orang kota atau orang kampung, bisnis ini bisa menipu siapa saja. Transparansi VGMC ini yang sangat2 merisaukan tetapi orang sudah terlanjur banyak mengikuti ini tanpa mengetahui resikonya.

      Mudah2an bapak dan sekeluarga terhindar dari penipuan ini.

    • Yup, sepakat dengan Adinda,tidak ada dikotomi ” orang kota atau orang kampung ” dalam hal ini, Pak Wanto bahkan bisa lihat di profil facebook mereka , sangat banyak yang sudah mengenyam pendidikan tinggi, tidak sedikit yang bergelar, Magister ( S2 ), bahkan beberapa diantara mereka ada yg sedang studi ke jenjang Doctoral ( S3 ), ada dokter, pejabat di lingkungan pemerintahan daerah & pns nya, dosen di perguruan tinggi negri / swasta, pengusaha dan pedagang dari bermacam bidang dll.
      Semua ini tidak lebih dari sifat “Keserakahan & Ketamakan”

      • tapi biasanya pak … kalo lebih tinggi sekolah …… imannya tambah kurang … mudah dirasukin syetan …. biarlah kite-kite yang sekolahnye rendah tapi dibentengi ama iman yang kokoh ….. amiiiiiiiin …. menurut pandangan aye orang yang masuk kedalam vgmc tersebut pada umumnya orang yang tolol bisa di bodohin ama bule-bule tersebut …. S1… S2……S3 …. .bisa dibeli sekarang ijazah bisa dibeli …… tapi isi otaknya ……. noooooooooool ….

    • @mas wanto: di Kerumutan bnyak yg invest di vgmc dibela2in gadein sertipikat ke bank. Klo vgmc nntinya kolaps, hmmmm…. Mereka nangis inggris tenan…

    • @mas wanto: saya dri krmtan mas, email sya bsa di liat di blog smpean

  6. Saya senang sekali membaca tulisan anda dan sy mengucapkan terima kasih, dan bagian yang paling sy senangi adalah kemarahan anda melihat mereka (korban vgmc) membawa2 agama dalam pembenaran keyakinan mereka yg udah jelas2 sesat, karena sy jg marah melihat hal tsb, marah sekaligus muak melihat mereka mngucap basmalah untuk mulai menyetor uang ke vgmc (padahal mereka tidak tahu pasti kemana nyetor uang, tp ttp melakukannya), mengucapkan hamdalah ketika menerima deviden (tp juga tidak mengetahui darimana asalnya) ataupun ketika mendapat bonus2 referal atw pairing (walaupun uang tsb berasal dr downline nya/orang lain), mengatakan dengan bangga mampu membayar zakat dr hsl vgmc (dari penipuan), mengadakan acara buka bersama (hahaha,. Padahal uangnya hasil iuran mereka sendiri), malahan ada yg mau umrah atw naik haji dg uang vgmc (sekali lagi, uang penipuan)..
    Saya marah melihat melihat gaya sok alim dan sok suci mereka dg hidup di vgmc ini, dan saya muak melihat gaya mereka layaknya investor2 handal, padahal untuk membedakan resiko investasi dengan penipuan saja mereka tidak bisa..
    Dan sekarang, ketika vgmc bermasalah, mereka masih berdo’a, membawa2 agama untuk berharap vgmc baik2 saja dan tetap ada.. Hahaha,. Sungguh, kebodohan yang berlipat2..
    Benar apa yg dikatakan pak rahmat febrianto pd komennya di ajarilah.com : “para anggota vgmc itu menganggap vgmc adalah agama mereka, para bule (yg mereka sebut leader) yg datang pd gala dinner adalah nabi mereka, dan semua yg dibilang bule tsb adalah wahyu yg harus mereka imani”
    dan klo boleh sy mau menambahkan, segala aktivitas mereka (menyetor uang, trading2 palsu, mencari downline, makan2 saat gala2 dinner adalah bentuk ibadah mereka (sekarang harus nambah sekitar 100 jt lg, yaa.. Mereka akan lakukan hal tsb sebagai rangkaian ibadah mereka)

    • Sepertinya pandangan kita sama di sini bung, betapa agama dalam konteks VGMC menjadi begitu leceh dan rendah.

      Padahal agama sudah menunjukkan sendiri bahwa hasil2 yang tak berkah (barokah) itu tidak hanya merusak, tetapi memberi malapetaka yang nyata2 (seperti yang terjadi saat ini).

      Saya minta maaf bila di paragraf terakhir tulisan saya di atas tersebut terbaca sangat kasar.

      Kalau di saya, sewaktu mereka masih jaya2nya, mereka sibuk bergembira dengan uang deviden2 dan rata2 mencela kita2 yang sudah berkali2 mengingatkan.

      Saat sudah paceklik begini baru dah ngomong Tuhan, baru dah baca2 doa, baru dah bawa2 ayat, baru dah disuruh sabar, baru dah panik. Yang beginian di mana agama gagal berperan kepada mereka. Saya khawatir nih kalau2 uangnya sudah lenyap tak berbekas, entah mereka kalau ga gila, mereka entah bisa kehilangan imannya secara cepat.

      • Sy rasa anda tdk perlu minta maaf dg paragraf terakhir tsb (sy malah menyukainya), karena memang demikian kenyataannya, karena kerugian yg terjadi memang akibat kebodohan mereka sendiri, akibat kerakusan dan ketamakan mereka akan uang, yang mereka cari hanya uang tanpa peduli darimana asal-usulnya, yg jelas bisa dapat uang berlipat2 ganda dalam waktu cepat, yg mereka pikirkan cuma kekayaan tanpa peduli apakah barokah atw tidak, itulah pola pikir mereka (yg mengaku investor2 handal, hahaha).. Yg mereka inginkan cuma menjadi kaya mendadak tanpa bnyk bekerja, bahkan mnurut mereka tanpa otak sekalipun bisa kaya, karena tidak perlu kuliah ekonomi/akuntansipun mereka seakan2 sdh mengerti saham, investasi, manajemen perusahaan, perdagangan emas, apa itu deviden, cps, ipo, bisnis online, dll. Moto mereka adalah “uang bekerja untuk mereka, ongkang2 kaki dpt duit melimpah”. Bahkan, sy dengar ada yg ikut vgmc anak2 muda setara sma (yg bnyk msh buta akan saham), jg orang2 yg tdk mengerti komputer dan internetpun jg bnyk yg ikut (mereka cuma tau setor uang trus dpt duit tiap bulan), demikianlah amat mudahny mereka diracuni vgmc, karena itu tadi : kebodohan dan ketamakan. Yg lebih parah, klo dikasih tau, mereka tdk hanya menolak peringatan akan bahaya vgmc ini, malah menganggap kita memfitnah/ menjelek2 kan vgmc, iri-lah, dengki-lah, dan menganggap orng2 yg tdk ikut vgmc sbagai orang2 bodoh, yg tdk mengerti bisnis

    • kalau menurut saya pak hati mereka sudah dirasukin syetan …….. maklum sifat tamak dan serakah adalah sifat syetan ……

  7. Fauzan Helmy Hutasuhut

    Sy sgt bersukur tdk masuk VGMC. Teringat kira2 5 bulan yg lalu, bbrp teman menawarkan (memaksa) sy utk masuk dan sy hampir masuk dgn meminjam uang, untung istri merasa ragu. Seperti beberapa pertanyaan Pak Ed di atas, jg sy tanyakan kpd teman sy. Dan tdk ada jwbn benar yg sy terima, sampai2 mrk katakan “yang penting kan untungnya besar dan terus dibayarkan (tidak bohong). Menyimpan emas aja tidak mungkin seuntung ini”. Ada lagi yg menyampaikan seperti ini “Semua anggota VGMC telah sepakat untuk membuka rekening sendiri untuk setoran Zakat”. Mereka meyakinkan sy lg dgn websitenya yg memiliki keamanan super aman. Yg sy gak habis pikir teman2 sy adalah pejabat2 yg berprestasi di pekerjaanya.

    • Beruntunglah bapak tidak jadi ikutan ini, karena saya tidak bisa membayangkan hidup bapak akan jadi apa saat ini apabila sudah memasukkan uang banyak ke VGMC ini.

      Saya yakin, pak Fauzan adalah satu dari sekian banyak korban bujuk rayu manis para Vegimania. Inilah yang saya sesalkan sekali pak, mereka ngotot mencari2 downliner baru, mencari investor baru, dan pertanyaan2 sekuritas, logika bisnis, maupun, transparansi semua tidak ada yang terjawab sama sekali.

      Seperti yang bapak utarakan di atas, tidak bisa hanya dengan “yang penting kan” dalam urusan bisnis, apalagi dalam jumlah yang sangat besar. Sekarang mari kita sama2 mengkampanyekan bahayanya penipuan skema ponzi ini , karena VGMC bukan kasus pertama, tapi tetap saja banyak yang terpedaya karena rayuan dan janji2 manis tak jelas tersebut.

      • tapi mas ed …. kalau saya masukkan komen ama si yopan (ketua geng vgmc) gak di gubris …. koment yang masuk hanya untuk membela vgmc saja …. untuk ada mas ed yang bisa mengeluarkan koment tentang vgmc scam (penipu) kasian ama temen yang lain .. sampai mau gadai ini jual itu untuk dapat deviden yang sebenarnya riba (haram) …….

  8. kasian2….betapa ketamakan dan keserakahan telah mengalahkan akal sehat vgmania….haruskah kita bilang wow gitu…..mdh2an tidak sakit jiwa (gila) krn telah minjam uang ratusan juta utk masuk lot lotan vgmc ini…tinggal nyicil aja kali…..

    • ciuuuuuuuusssss …. mia ayam … mie rebus …… mudah-mudahan aja mereka tidak stresssss dan sakit jiwa .. kalo ngak … nanti penuh rumah sakit jiwa ….

  9. Itulah orang di Negara berkembang seperti masyarakat kita ini, sudah terlalu lama merasa miskin, pingin cepat kaya biar keliatan ehm..ehm….

  10. jangan panik, tenang … vgmc masih ada koq…..
    cuman sekarang jadi vpmc
    virgin platinum mining corp…. (kenapa ya? emasnya rugi kali … :( )

    jangan kuatir
    tahun depan juga bisa berubah lagi jadi
    virgin diamond mining corp …

    pokoknya tenang, bisa sesuka mereka koq ….. hehehe :)

    yang paling genius adalah pernyataan seorang petinggi vgmc
    bahwa mereka mulai sekarang beralih untuk merekrut SH pemodal dari kalangan yg berduit alias mapan.
    dengarkan pernyataannya:
    mengapa? karena kalau terjadi sesuatu (kerugian, macet, dlsb) yang paling akan ribut (dan ribet) adalah pemodal lemah/orang kecil/pas-pasan, sedangkan bagi pemodal kuat pasti lebih tenang, adem2 karena stok duitnya masih tebal.

    jadi diluncurkannya platinum ini tidak lain tidak bukan adalah untuk menjaring pemodal kuat, bagi yang duitnya pas-pasan: sori jangan ikut lagi ….

    seenaknya aja buka bisnis tambang platinum ….
    sekali lagi, artinya emasnya rugi khan …. hehehe …

    ingat bahwa walaupun platinum lebih mahal dari emas, coba aja jual platinum ke toko emas …. mana ada yang mau beli

    ga konsisten sama visi awal dan nama perusahaan.
    ingat-ingat namanya virgin gold lho … hehehe …

    uang … lagi-lagi uang … oooh … uang …. (lagi Nicky Astria )

  11. siapa ya orang2 hebat/genius dibalik vgmc …?

    mereka berhasil mengubah mental anak bangsa ini menjadi mental pengkhayal dan pemalas …

    tinggal setor duit, nunggu sembari ongkang-ongkang kaki, kipas-kipas, siul-siul, ketawa-ketawa sendiri ….. 10% … 10% … 10% ….

    dan ……
    sim salabim … abrakadabra …. hoopplaaaa …
    what happened man?

    emas jadi platinum ………………
    10% jadi 0% ……………………….

    :( :( :(

    apa perlu minta bantuan Deddy Corbuzier?

    • denger-denger kantornya pindah lagi gan …
      koq jadi kayak lapak PKL digusur kamtib …. :(

      • ane punya lapak di tanabang …
        gratis dah ane kasi kalo vgmc mo buka di jakarta …
        mo setaon keq dua taon keq .. gratisss dah .. asal buka di jakarta biar deket

  12. denger-denger kantor nya di Dubai UEA udah digusur sama pemerintahan setempat, karena mendapat laporan dari berbagai negara, ini mungkin salah satu alasan kenapa kantor mereka pindah ke jerman (kalo ga salah)
    *maap belum sempat menuliskan sumber

  13. Beruntung saya menemukan web ini. Terimakasih atas penjelasannya. Update terakhir bagaimana.. mohon dijelaskan.
    Saudara saya sudah setor 30 jt, dia bilang sudah dapat deviden 10 jt (yg bisa saja uangnya dia atau downline2 lainnya)
    Sekarang katanya ada aturan baru minimal pembelian 3 lot = 45 jt..?)

    Teimakasih

  14. @Berlian
    Beginilah dialektika, kita percaya VGMC penipuan, mereka percaya VGMC tidak penipu dan kita hanya iri pada mereka.

    Saya sudah melihat situs SH Yopan tersebut dan saya hanya bisa geleng2 kepala. Mudah2an beliau sadar apa yang diperbuatnya menyesatkan orang lain dan dirinya sendiri

  15. RangTanjuangDiRantau

    bapak Ed yang budiman dan bijaksana…

    pada awalnya saya juga diajak2 oleh teman, rekan kerja, senior semasa sekolah
    dan banyak lagi, memang sih dari cerita2 dan fakta(upline2 yang sudah jaya) cukup menggiurkan… jujur iman masih lemah dan sangat tergiur akan penghasilan pasif yang cukup besar dan usaha yang bisa dibilang tidak ada(ketak ketik ketok komputer doank),
    saya ini cuma pegawai rendahan dan gaji kecil, masi saja dirayu2 masuk VGMC,
    sampai suruh2 saya pinjam bank… haduhh apa yang mau digadai ke bank saya pikir… ckckck.

    tp antusiasme terhadap VGMC masi ada… yah apabila masi ada tiga tahun kedepan saya sudah ada uang saya gabung deh, seperti itu kira2 jalan pikiran saya pak.
    jujur juga saya bisa sampai ke forum kita ini karena antusiasme saya terhadap
    VGMC(berhubung saya awam dan bukan merupakan anti VGMC), yah digital research sedikit lah… banyak artikel saya baca baik positif/negatif, tapi rasa tergiur masi ada.

    tapi dibalik kelemahan iman saya(baca : ketamakan), untung otak masi jalan, saya
    sependapat dengan bapak mengenai 4 point awal yang bapak jelaskan,
    untung pikiran awam saya yang sederhana langsung mengacu pada point sederhana seperti
    yang bapak sebutkan tadi… beda dengan kawan2 saya yang pintar2 itu, bicara
    langsung ke modal lah, LOT lah, devident lah… ini apa ini maksudnya…
    duit si duit, cuma kok gampang banget… hijau matanya langsung(saya juga sih, tapi untung masi jalan otak, hha)

    akhirnya saya menolak semua ajakan teman2 saya tadi, faktor utamanya karena
    memang belum ada duit, dan tidak ada yang mau digadaikan ke bank…
    maha besar Allah yang telah menahan rejeki saya tidak turun pada saat ajakan dan rayuan maut teman2 VGMC lover datang… coba saja kalo pada saat itu saya banyak uang… aduh pak… ga tau lah…

    akhir kata pak, maaf kalo reply saya jatohnya jadi seperti curhat pak, cuma berbagi pengalaman saja, semoga juga kawan dan kolega yang pernah menawarkan ikut baca ini forum

    • Makasih buat pujiannya pak, sesungguhnya saya kurang bijak dalam tulisan ini, saya cenderung agak emosional. Tetapi begitulah reaksi paling jujur saya.

      Gapapa pak, curhat di sini. Saya menulis ini karena ingin berbagi betapa bahayanya penipuan berskala besar ini. Justru akan lebih bagus lagi diisi dengan pengalaman langsung dari anda.

      Ngomong2 namanya rangtanjuangdirantau, ambo basuku Tanjuang pulo mah pak :)

      • RangTanjuangDiRantau

        hah, iyo tu pak… hahaha… badunsanak kito…
        tak apalah emosi sedikit asal masi wajar, memang begitu adanya… geram juga

        yah, marilah sama2 kita lihat kawan2 kita yang calon2 jutawan itu mau dibawa kemana nasibnya….

  16. Pelabur harus belajar dari kesilapan.

  17. Pemuja pegeemce

    Eeeiiit….. Cak luke dari negeri jiran nampaknye ye…?. Anak buah puan Hajjah Norati ye kah?. Qiqiqiqiqiqi………..

  18. Terima kasih atas informasinya..
    Sebagai salah seorang “pemegang saham” saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya bersama VGMC..

    Pada awalnya, saya invest sebesar Rp. 10 jt (setara dgn 1 lot) dan mendapatkan deviden Rp. 1.2 jt di bulan berikutnya. kemudian saya tambah 1 lot lagi yang nilainya Rp. 12 jt/ lot dengan akumulasi deviden yang sy terima sebesar Rp. 2.7 jt. Melihat lancarnya pembagian deviden, dua bulan kemudian saya menambah 1 lot lagi sebesar Rp. 13 jt/ lot dengan akumulasi deviden sebesar Rp. 4 jt/ bln.. Total yg diinvestasikan sbsr Rp. 35 jt dan total deviden yang sudah sy terima Rp. 24 jt (s/d Oktober 2012).
    Untungnya, keikutsertaan saya tidak langsung ke VGMC (tidak py ID), tetapi melalui teman yang sudah ikut VGMC, dengan skema : 100% deviden dibagikan kepada sy, sementara keuntungan dari hasil jual beli emas harian seluruhnya menjadi milik teman tsb.

    Selain itu, sy juga telah membuat kontrak (diatas materai), yang isinya bahwa modal yang telah diberikan (Rp. 35 jt) akan seluruhnya dikembalikan pada bulan Desember 2012. S.d hr ini sy sudah mencapai BEP, karena teman tersebut bertanggungjawab mengembalikan modal yang telah diberikan walaupun “nasib” investasinya di VGMC belum jelas.

    Keuntungan berupa deviden yg ditawarkan oleh VGMC kepada investor memang “sangat menggiurkan” kalo tidak bisa dibilang “tidak masuk akal”. Tapi siapa yang kuasa menolak suatu investasi yang bs memberi keuntungan 10% /bln alias 100% / tahun?? Apa daya, akal dikalahkan oleh nafsu.. Tapi untungnya sy slalu waspada dan membaca tulisan dan peringatan mengenai VGMC di internet. Shg sy tdk sampai mengalami kerugian dan tidak pernah mendaftarkan diri scra online di VGMC..

    Kita sangat menyayangkan nasib dari teman-teman yang uangnya masih “tertahan” di VGMC. tidak dapat dibayangkan betapa sulitnya mencari uang pada masa2 ini, namun pada akhirnya hilang atau tidak jelas pengembalinnya. Apalgi para investor yg menggadaikan tanah/rumah/mobil maupun aset dan bahkan berhutang untuk berinvestasi di VGMC, bagaimana mrka dapat membayar gadai dan hutangnya??

    Terima kasih kepada penulis Blog, atas kepeduliannya dengan mengingatkan kita untuk terus waspada akan penipuan2 berkedok investasi seperti VGMC.

    Semoga kita tidak sampai terjebak dalam investasi bodong dan skema ponzi org2 tak bertanggung-jawab…

  19. Uda Edria tolong bantu ikut berbagi ilmu di grup ”komunitas korban VGMC Indonesia”,ilmu uda berguna untuk saling mencerahkan agar tidak semakin banyak korban berjatuhan…terimakasih

  20. Dan sekarang ada yang lagi garang garangnya menyebarkan jaring dengan modus hampir sama seperti VGMC.
    Namanya CTI Venture,…websitenya: http://ctiventure.com/
    Dan asiknya lagi, mereka punya “member club” di JAKARTA.
    Ini alamatnya:
    CTi VENTURE CLUB, Representative Office: The Belleza Permata Hijau Lt.1 No. 50. Jl. Letjen Soepeno 34, Jakarta 12210

    Apa yag mesti kita lakukan?

  21. banyak dilingkugan rumah maupun teman saya yang masuk menjadi anngota vgmc, padahal saya jauh lebih dulu mengenal vgmc dari pada mereka, disaat booming umumnya mereka mencemooh meskipun tidak secara langsung dengan kata lain ( kamu bodoh tahu paling dulu tapi ngak masuk-masuk ) dan ternyata setelah vgmc kolaps dengan alasan pengalihan pada platinum ternyata saya menjadi yang terpintar diantara yang bodoh

  22. mas ada lagi investasi yang namanya Q Global Net…coba cari tau infonya…trims

  23. Beginilah ponzi scheme, selama tidak ada edukasi mengenai bahayanya investasi2 bodong, korban akan terus berjatuhan…..

    • ciri ciri modus VGMC dan CTI ada website waspada investasi. saya baca yg ada disana dan mencocokan dengan update-an status FB saudara yg ikut VGMC dan CTI sama persis..dr gala dinner, deviden, lowongan kerja dll. semoga yg sudah tertipu segera sadar dan mendapatkan rejeki pengganti

  24. dari perjalanan saya ngalor ngidul soal model beginian bisa dibilang mayoritas berakhir dengan scam, entah BO lokal maupun interlokal sama saja karena mereka menerapkan ponzi scheme, tapi kenapa masih ada BO2 baru yang membernya tak kalah banyaknya? mungkin karena sifat dasar manusia yang serakah dan ingin mengembalikan modal yang sudah kena scam pada program sebelumnya. entahlah, untuk saya pribadi kok mending ketika punya modal saya tradingkan sendiri aja. Misal toh loss tau juntrungannya kemana. Jauhi investasi2 yang jelas maupun gak jelas hahahaha, belajar mengelola capital sendiri itu yang terbaik.

  25. saya dijakarta pernah diajak makan mewah oleh teman saya tentang vgmc, ada seorang leader dan SH lain sekitar 10 orang, tapi saya merasa bahwa mereka disana tidak tahu tentang investasi dan bisnis, dan seperti yg di bilang penulis, mereka semua mengatakan “yg pentingkan” jadi rata2 orang pemalas. Dan teman saya yg sudah invest 85 juta bulan september tidak pernah sekalipun mendapat dividennya, ketika saya tanya, dengan pede dia bilang akan menunggu sampai desember 2013. Dan dia seperti tidak suka dengan penjelasan saya bahwa vgmc adalah penipuan. Karena kebetulan saya masih join di grup FB Vgmc, bagaimana jika saya copas blog ini, risikonya paling saya di kick, dan forum ini dihujat mereka, tapi kita kan hanya menyadarkan mereka, gmna edriasandika ? :)

  26. Jila menghadapi orang yang selalu ngotot ketika diingatkan agar menuju jalan kebaikan, kita harus kembali pada filosofi “SING WARAS NGALAH”. Argumen yang selalu didengungkan oleh para leader dan anggota vgmc “YANG PENTING KAN DAPAT DEVIDEN, SAYA NGGAK PEDULI BISNISNYA APA” Ini merupakan argumen yang ngawur. Jadi, seandainya VGMC bisnis TUYUL pun mereka tetap akan ikut yang penting dapat deviden. Nah, sekarang sudah tidak dapat deviden, trus mau bilang apa, coba. Paling bilang SABAR AKAN INDAH PADA WAKTUNYA. Alamaaaak, jadi ingat ucapan para ketua konsorsium dan antek soleh suaidi- investasi amanah yang sama sekali TIDAK AMANAH.

    Biar rame kita juga bisa menyadarkan teman teman kita di sini: AGMAC – VGMC SHARE INDONESIA

  27. Saya bingung mau ngomong apa, semua sudah dijelaskan oleh teman2 diatas.

    saya terus terang aja baru baca blog ini. Awalnya saya cuma mau tau, apakah VGMC itu menipu/bohong… karena perubahan dari GOLD ke PLATINUM.. menurut saya itu cuma mengulur waktu aja buat mereka kabur… Saya sendiri cuma ikut 1 lot, karena menurut saya untuk coba2 aja selama 1th. Bulan 1 dan 2 lancar utk pembayaran deviden sebesar 10% dari nilai lot. Sempat tergiur untuk menaikkan 10 lot langsung, tapi saya masih mencoba untuk “liat aja dulu deh”. ternyata di bulan ke 3, deviden mendadak tidak dibayarkan karena mendadak berubah ke PLATINUM… dalam benak saya “Hello, knp ga da pemberitahuan sebelumnya”.. mereka bilang akan dibayarkan per tahun dengan deviden 2 sampai 3x nilai deviden… saya mulai tidak percaya, bahkan mereka coba menutupi dengan “Gala dinner or anything” saya coba liat aja nanti di bulan agustus 2013 apakah cair atau tidak?.. kalo gak ya lapor polisi aja… biar di cek ke akar2nya

    Buat mas edria, Thanks a lot infonya… saya sendiri bingung, kenapa orang2 petinggi VGMC ga berani komen disini

  28. betul uda, saya juga tinggal di padang,,, temen2 saya banyak yg ikut dan nasib uangnya tak pernah jelas…. saya juga sering ditawarin… tapi dari awal sudah ragu dan gak jadi..

    • samo jo ambo…ampir aja sertifikat tanah ambo gadaian di bank…Alhamdulillah Allah mengingatkan melalui siaran TV One..tentang Investasi Bodong..yang gak logis..

  29. Wah parah ya ternyata, dlu hal yg serupa pernah terjadi di kota Palembang Sumatera Selatan, dimana perusahaan yg modus nya investasi dengan pembagian keuntungan atau provit 6%-15% / bln nya.perusahaan tsb SATRIA INVESTMEN GLOBAL owner nya SATRIA, BEST INVESTMEN owner nya INDRA,PT Smart Investment Mandiri dan PATRIAL MEMBER klo ga salah owner nya FAISOL. saya salah satu korban BEST INVESTMEN dgn nilai invest 50jt, saya gabung bln agustus 2011, parah nya di bulan september mrk sudah mulai menghindar seolah2 mrk gulung tikar, saya mencoba meminta kembali dana saya tsb, owner nya blg ” ga bs krn mash tertahan di perusahaan pusat di JKT ” alhasil sampai detik ini uang kami para investor tak kunjung jg di bayar,si Owner dah keburu kabur sekeluarga tanpa meninggalkan satu helai baju pun di palembang, ANJRIT…!!!! kabar nya si owner dri BEST INVESTMEN sdr INDRA sudah ada di kalimantan, persisnya saya gak begitu tau, saya harap tmn2, saudara2 kt di Kalimantan tidak mudah terperdaya olh modus yg sama spt ini, dan kalau memang ternyata kabar sdr INDRA ini ada di Kalimantan, tlg di beritau lg ke sni krn dia TO POLISI,dan TO MASSA DI PALEMBANG. untuk VGMC saya tau dr tmn kuliah di bandung, dia menawarkan saya bisnis ini dan memperkenalkan jg ke saya salah satu pengurusnya ( penanggung jawab utk kota BANDUNG ) benar sekali kabar tsb bahwasanya VGMC skrg tidak lg membagikan provit perbulan nya, tp di rapel satu thn lamanya sesuai tgl kontrak para nasabah, ini lh yg memulai timbulnya kekhawatiran para nasabah, alasan VGMC tdk membuka kantor cabang di indonesia krn di Indonesia terkenal dengan negara yg pajak nya sangat mahal, maka dari itu pihak VGMC hanya membuka kantor di negara bebas pajak salah satu nya DHUBAI ( versi si penanggung jawab BANDUNG). salah satu investor nya prnah ke DHUBAI utk mencari tau kebennaran ttg VGMC ini, dan ternyata memang ada di DHUBAI kntr VGMC !!!Woooww ( sekali lg ini Versi penanggung Jawab BANDUNG ),tp yg unik disni si penanggung jawab utk kota BANDUNG bertanggung jawab dengan memberikan provit/deviden nasabah per bulan nya sesuai dengan nilai kontrak, hitung hitungan nya adalah pada akhir masa kontrak satu thn kelak di berikan 2 opsi yt 1. saham nasabah + provit satu thn di ambil penanggung jwb
    2. pada akhir kontrak satu tahun nanti nasabah tsb terhitung hutang ke pd penanggung jwb,sesuai dengan jumlah provit / deviden yg di tanggung penanggung jawab perbulan ke pd nasabah tsb,.UUUPppphhhhh…. Ribet ya!!! nth ini modus, atau penanggung jawab yg memang baik hati Hehehhehe … ( versi penanggung jwb Bandung ), kpd tmn sekalian ini hanya semacam ilustrasi gambaran kejadian, pengalaman saya terjun di investasi, dan percakapan via tlp dgn Penanggung jawab VGMC di Bandung.kt kadangkala terbuai dgn pendapatan besar dengan modal yg sedikit dan malas berusaha sendiri, pikir2 lah dlu, cari tau lah dlu kebenaran perusahan2 yg menawarkan sistem semacam ini, kasihan anak istri yg krn ambisi kita jadi korban yg tak bs kt nafkahi lg. kpd sdr INDRA BEST INVESTMEN ,KU TUNGGU KAU DI DUNIA dan SAMPAI DI AKHIRAT NANTI !!! AKU DAK IKHLAS !!

  30. http://vgmc-share.blogspot.com/2012/01/mengapa-cara-ini-berhasil.html
    situs yang menjelaskan VGMC dengan sebegitu detilnya dan mengajak semua masuk ke VGMC. Disitu juga jelas tercantum nama yang bisa dihubungi agar yang tidak tahu menjadi tahu. Kalau ada yang pertanyaan yang tidak bisa dijawab, tanya saja beliau .. mr. yopan prihadi – bandung permai.

  31. untong aku dak jadi masok…

  32. Jika sesiapa ingin tahu mengenai VGMC dan pelan pelaburan yang mereka tawarkan anda boleh emel saya di deepak@vgmail.com supaya saya boleh terangkan dengan lebih teliti pelan VGMC tanpa apa-apa kewajipan untuk menjadi para pemegang saham.

  33. Manusia Biasa

    saya aja yg ngk sekolah tau kok VGMC itu penipu !!!!!!!
    masa yg PNS,lulusan sekolah tinggi mau tertipu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    itulah manusia yg rakus,males bekerja !!!!
    mana ada rezeki yg tiba-tiba jatuh dari langit tanpa ada usaha dari bawah !!!!
    ada yg sampai gadai SK PNS, Gadai surat tanah, gadai BBPK mobil dll..
    sekarang nikmati aja bayaran utang tiap bulan,,,,,
    kasian2,,,,,kasian,,,,,,,,
    ditambah lagi tiap detik, sampai larut malam selalau di depan laptop untuk melihat poin !!!
    inilah yg menjadi malas untuk bekerja !!!
    kasiannya,,,,,,

  34. Komunitas Pengamat BO & HYIP Indonesia

    Salam, Admin blog, ijin mau titip link berita dan peringatan.

    Jangan mau ditipu oleh leader-leader bisnis investasi bodong dan penipuan VGMC

    KOMPAS : KORBAN BISNIS PENIPUAN INVESTASI BODONG VGMC 40.000 ORANG
    TOTAL DANA MASYARAKAT YANG DICURI Rp 500.MILIAR

    http://nasional.kompas.com/read/2013/03/01/11320135/Ini.Daftar.Investasi.Bodong.yang.Sudah.Makan.Korban

    KONTAN : VGMC ADALAH MURNI PENIPUAN INVESTASI BERKEDOK TAMBANG EMAS AJAIB

    http://investasi.kontan.co.id/news/waspadai-tawaran-investasi-vgmc

    Perlu dicatat, para antek penipu VGMC ini masih berkeliaran mencari orang-orang untuk dijadikan mangsa penipuannya. JANGAN PERNAH SEKALI-SEKALI membeli produk apa pun yang mereka tawarkan yg biasanya berupa penjualan saham jenis CPS pra-IPO yang pada saat komentar ini kami buat, namanya CPS PLATINUM dan CPS SILVER yang pastinya 100% BODONG ALIAS DUSTA DAN PENIPUAN BELAKA. HARAP HATI-HATI DAN WASPADA DALAM BER-INVESTASI.

    Komunitas Pengamat BO dan HYIP Indonesia
    Jakarta – Indonesia.

  35. Very good post. I am going through some of these issues as well.

    .

  1. Pingback: Virgin Gold Mining Corporation [Scam!] - Page 54

  2. Pingback: VGMC-AGMAC, Penipuan Tak Berkesudahan | Edria's Realm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: